New MG ZS Magnify 2021, Fitur Yang Lengkap dan Desain Yang Mewah Bikin Lawan Makin Gerah

MGJakarta.id – Pabrikan mobil MG rasanya ingin ‘gerak cepat’ di Indonesia. Sejak MG ZS pertama kali keluar pada Maret 2020, MG Indonesia langsung merilis versi terbarunya atau facelift pada bulan September 2021 kemarin.
New MG ZS hadir dengan desain baru yang tetap membawa desain khas MG, fiturnya lengkap, serta harga yang sangat kompetitif di kelasnya. Lantas, seperti apa impresi berkendaranya dan apakah mobil ini layak untuk menjadi tunggangan harian?
Desain Mobil Eropa
Saat melihat MG ZS pertama kali keluar, kami merasa tampak depannya mirip dengan desain mobil Mazda. Namun kini di versi facelift-nya, MG menggunakan desain baru yang menurut kami membuatnya jadi berkarakter.
Tampak depan, lampu utamanya kini tidak lagi menggunakan aksen yang menyambung dengan grille-nya, dan sudah menggunakan lampu LED termasuk di lampu sen-nya serta Daytime Running Light (DRL). Sedangkan lampu kabutnya, masih menggunakan lampu halogen berwarna kuning, yang menurut kami lebih pas dipakai melewati jalanan berkabut. MG menyematkan model grille baru yang lebih sporty dan dengan bingkai yang lebih tipis dari versi sebelumnya.
Untuk tampak samping, secara umum masih sama dengan MG ZS versi yang lama. Namun kini, MG memberikan sentuhan side body moulding berwarna aluminum brush yang menguatkan kesan SUV-nya. Selain itu untuk tipe tertingginya, MG memberikan pelek dengan desain tomahawk berukuran 17 inci.
Sedangkan tampilan belakangnya, di MG ZS baru ini untuk lampu belakang sudah LED, sehingga lebih terang dan hemat listrik. Bumper belakang sudah terlihat spoty, karena sudah pakai aksen dual muffler, akan tetapi untuk knalpot aslinya hanya satu muffler. Sisanya, secara desain MG ZS ini tampak sangat ikonik dan berkarakter dari belakangnya.
Untuk interiornya tak usah diragukan lagi. MG ZS sejak awal memang merancang desain interiornya dengan mewah dan tampak berkelas. Belum lagi, di tipe tertinggi ini, MG membekali ZS dengan atap panoramic sun roof yang sangat besar dan membuat aura kabin jadi terasa lega.
Jok sudah berbalut kulit dua warna, hitam dan coklat. Di area depan, banyak material lembut yang berkelas dan juga yang paling kami suka adalah tombol-tombol yang digunakan oleh MG di ZS ini terasa sangat firm dan jauh dari kata ‘murahan’.
Mesin yang Pas untuk Harian
Di New MG ZS ini masih menyematkan mesin 1.498 cc DOHC 4 Silinder. Mesinnya adalah mesin naturally aspirated yang dikawinkan dengan teknologi VTi-Tech. Di atas kertas, mesin yang diusung oleh MG ZS terbaru ini memang bukan yang paling bertenaga di kelasnya.
Tenaga dari MG ZS terbaru ini diklaim, ada di angka 114 PS di putaran mesin 6.000 RPM. Sedangkan untuk torsinya, ada di angka 150 Nm di 4.500 RPM. Meskipun tenaganya tergolong masih lebih rendah dibanding para kompetitornya, torsi dari mesin New MG ZS ini tergolong cukup besar.
Torsinya yang besar ini keluar di tarikan yang cenderung rendah. Sehingga mobil ini memang asyik dibawa di jalanan perkotaan yang sering berhenti.
Mesin MG ZS terbaru ini dikawinkan dengan transmisi CVT 8-Speed yang sangat halus penyaluran tenaganya. Namun untuk yang gampang ‘greget’ atau sedang butuh tenaga konstan, transmisi CVT ini memang terasa kurang bisa mengakomodir. Tapi kita bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi “S”, untuk bisa mendapatkan tenaga yang lebih optimal.
Tapi baiknya dengan tipe transmisi seperti ini MG ZS punya catatan konsumsi bahan bakar yang baik dan efisien. Hasil pengetesan kami untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam, MG ZS ini tembus angka 12 km/liter. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam, hasil pengetesan kami dapat di angka 14 km/liter.
Overall, MG ZS ini rasanya pas untuk dikendarai sehari-hari di jalan perkotaan, yang cenderung banyak main di putaran bawah ke tengah. Terlebih dengan mesinnya yang naturally aspirated, tarikan mesin terasa natural dan karakternya menyenangkan.
Handling dan Suspensi yang ‘Dewasa’
Sebagai sebuah kendaraan SUV, tentu New MG ZS hadir dengan dimensi yang besar dan juga ground clearance yang cukup tinggi. MG membekali ZS terbaru dengan racikan suspensi yang pas dan dengan arsitektur rangka yang cukup lentur.
MG ZS hadir dengan impresi berkendara yang firm ala mobil Eropa. Namun, pengaturan suspensinya dibuat lebih lembut dan rasanya pas untuk karakter jalanan Indonesia yang kerap tak terduga. Ini yang membuat kami menyebut MG ZS ini dewasa suspensinya.
Ketika mobil dibawa melibas jalanan jelek nan tidak rata, suspensi MG ZS bermain dengan sempurna dan meredam jalan dengan baik. Hal ini membuat penumpang di kabin merasa nyaman.
Menariknya, suspensi dari MG ZS ini cenderung nurut ketika dibawa bermanuver. Ya, walaupun khas SUV, limbung dan body roll masih terasa ketika dibawa terlalu kencang dan menikung. Tapi menurut kami, MG ZS hadir dengan handling dan suspensi yang sangat baik.
Secara dimensi MG ZS ini hadir lebih besar dibandingkan Honda HR-V. Panjangnya 4.323 mm, lebarnya 1.809 mm, sedangkan tingginya di 1.653 mm. Namun jarak sumbu roda atau wheelbase-nya lebih compact. MG ZS punya wheelbase di 2.582 mm.
Dengan sumbu roda yang lumayan compact ini, MG ZS cenderung enak untuk ‘ditekuk’ atau dibawa untuk menyalip. Selain itu, radius putarnya pun cukup baik.
Setir MG ZSini dapat diubah mode ringan-beratnya dengan mudah melalui headunit yang terintegrasi dengan mobil.
Fiturnya Lengkap
Untuk urusan fitur keselamatan, MG tidak pilih kasih dan cenderung memberikannya kepada semua varian.
Dari mulai rem ABS dan EBD, brake assist, stability control, traction control, hingga hill start assist semuanya tersedia di tiap varian. Namun, untuk tipe tertinggi, diberikan fitur TPMS untuk melihat kondisi tekanan angin ban.
Nah ada satu fitur yang menurut kami jempolan, yaitu hadirnya kamera parkir 360 omni-directional, kamera ini tak hanya 360, namun juga bisa menampilkan citra 3D. Sehingga untuk melihat area sekitar bisa lebih jelas dan lebih menarik.
Lalu, macet-macetan juga tetap terasa nyaman dengan hadirnya fitur auto hold di rem parkir elektriknya. Sehingga ketika gas diinjak, tanpa perlu repot turunkan rem parkir, mobil akan melaju.
Sedangkan untuk fitur hiburannya, MG menyiapkan layar sentuh seluas 10.1 inci yang langsung terhubung dengan mobil. Layar headunit-nya ini bisa terhubung juga dengan smartphone iPhone atau Android, lewat sambungan Apple Car Play dan Android Auto via kabel.
Ketersediaan dan Harga MG ZS 2021
MG menjual ZS terbaru ini dalam tiga varian, ada Activate yang termurah, lalu ada Ignite, dan yang termahal adalah Magnify. Untuk harganya, cukup beragam dari Rp 260 jutaan hingga Rp 309 jutaan.
Berikut harga MG ZS 2021*
– Activate : Rp 269.800.000,-
– Ignite : Rp 289.800.000,-
– Magnify : Rp 309.800.000,-
Untuk warna Merah ada penambahan Rp. 4.000.000,-
*harga otr DKI Jakarta
Spesifikasi MG ZS 2021
Kapasitas Mesin : 1.498 cc
Mesin : DOHC 4 Silinder 16 katup VTi-Tech
Bore x Stroke : 75 x 84.4
Tenaga : 114 PS / 6.000 RPM
Torsi : 150 Nm / 4.500 RPM
Suspensi Depan : Indenpendent MacPherson Strut
Suspensi Belakang : Torsion Beam
Pelek : Alloy Tomahawk Design 17 Inci
Ban : 215/55 R17
Dimensi
Panjang : 4.323 mm
Lebar : 1.809 mm
Tinggi : 1.653 mm
Wheelbase : 2.582 mm
Ground Clearance : 170 mm
#SahabatMG bisa klik tombol Whatsapp untuk mengetahui info lebih lanjut.
(PSU)